Tujuh Reaksi Tubuh Saat Jatuh Cinta


Jatuh cinta mengaktifkan sekitar 12 daerah di otak.

230485_ilustrasi-pasangan_663_382Ilustrasi pasangan kekasih (iStock)
VIVAlife – Jatuh cinta berjuta rasanya. Itulah yang dirasakan seseorang saat jatuh cinta. Tak hanya itu, banyak orang mengatakan ketika jatuh cinta, maka kita akan mengetahui semuanya. Mulai dari perasaan berbunga-bunga, rasa rindu hingga jantung yang berdegup kencang.
Tapi ada yang harus Anda pahami, ketika seseorang jatuh cinta, tidak hanya hati yang bermain, melainkan juga sebagian anatomi tubuh. Jatuh cinta membuat semua anatomi tubuh bereaksi.
Berikut ini adalah beberapa fakta seseorang yang sedang jatuh cinta seperti dikutip dari wowenshealthmag:
1. Aktivitas otak berubah seketika
Cinta pada pandangan pertama. Semua orang pasti pernah merasakannya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Sexual Medicine, jatuh cinta mengaktifkan sekitar 12 daerah di otak. Hasilnya? Anda akan mengetahui sedang jatuh cinta dalam waktu seperlima detik.
2. Jantung terasa berhenti
Jatuh cinta mempengaruhi tingkat hormon, menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.
3. Gangguan masalah tidur
Menurut Journal of Adolescent Health, orang yang sedang jatuh cinta akan kehilangan satu jam tidur setiap malamnya. Gangguan tidur ini terjadi karena Anda selalu memikirkan orang yang Anda cintai.
4. Sembuhkan rasa nyeri
Meski jantung berhenti dan tekanan darah menurun sesaat ketika jatuh cinta, tapi jatuh cinta juga membentuk antibodi. Sebuah studi dari Stanford University menuliskan, jatuh cinta dapat mengaktifkan reseptor saraf di otak, dan ini sama dengan obat pengilang rasa sakit atau obat penenang.
5. Menjadi pelupa
Saat kepincut dengan seseorang, otak akan melepaskan oksitosin yang dapat merusak memori. Inilah yang membuat seseorang ketika jatuh cinta suka linglung.
6. Semua rasa itu manis
Apapun yang dirasa ketika jatuh cinta memang terasa manis. Ternyata ini bukanlah sebuah mitos, menurut American Psychological Association, orang yang sedang jatuh cinta, dan kemudian disuruh mencicip makanan atau minuman, mereka pasti akan menjawab makanan dan minuman memiliki rasa sama yakni manis.
7. Tulang jadi kuat
Sebuah penelitian mengungkapkan adanya korelasi antara kebahagian pernikahan dan tulang yang sehat. Pasangan yang berbahagia memiliki tulang yang kuat.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s