Aplikasi iOS Ternyata Lebih Beresiko Dibanding Aplikasi Android!


Aplikasi-iOS-700x357

Sebelumnya banyak kabar yang mengatakan bahwa aplikasi Android sangat rentan terhadap serangan-serangan malware yang berbahaya. Namun kini sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa justru aplikasi iOS lah yang paling rentan dengan serangan malware.

Hal ini disampaikan oleh sebuah perusahaan keamanan Appthority yang belum lama ini telah menganalisis 400 aplikasi berbayar dan gratis iOS dan Android terpopuler untuk melihat seberapa aman aplikasi tersebut.

Dan hasilnya mereka menemukan 95 persen dari 200 aplikasi gratis iOS dan Android dinyatakan cukup berbahaya. Sementara itu empat dari lima aplikasi berbayar juga dinyatakan berisiko. Dan yang menarik, aplikasi iOS secara keseluruhan ternyata lebih berisiko dari aplikasi Android.

Seperti yang dilansir dari PC World, 91 persen aplikasi iOS dinyatakan berisiko, sementara aplikasi Android hanya 83 persen. Nilai risikonya pun cukup bervariasi, dari mulai dapat melacak lokasi hingga mengakses daftar kontak pengguna.

Bahkan para pengembang aplikasi pun mengakui bahwa sebuah aplikasi juga dapat mengintip nilai finansial yang didapat dari kumpulan data pengguna. Hal itu karena aplikasi mobile pada umumnya kurang menghormati privasi pengguna.

Meskipun aplikasi iOS lebih berisiko, aplikasi Android cenderung mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang pengguna dan kegiatan mobile pengguna ketimbang aplikasi iOS.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s